Trik Ampuh Mengalahkan Rasa Tidak Percaya Diri
Senin, 11 September 2017
ok nusantara
Bagikan

Trik Ampuh Mengalahkan Rasa Tidak Percaya Diri

Pahamilah diri sendiri

Memahami diri sendiri adalah salah satu dari sekian juta cara untuk menjadi percaya diri. Mungkin banyak orangberpikir bahwa memahami diri sendiri justru malah membuat tidak percaya diri. Padahal, dengan memahami diri sendiri, kita bisa lebih bisa mengeksplor kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan bisa memperbaikinya lebih maksimal. Pasalnya, kekurangan adalah sebuah kelebihan yang belum diasah. Pada dasarnya, kita memang diajari unutk terus belajar dan berusaha untuk menutupi kekurangan dengan menonjolkan kelebihan, dan atau dengan menerima kekurangan. Namun kenyataannya, tidak ada yang perlu diterima atau ditutupi karena kekuangan adalah kelebihan yang belum terasah.

Bercermin

Bercermin? Ya, benar. Ada banyak orang yang emmiliki rasa tidak percaya diri yang parah dan bahkan takut melihat cermin. Padahal, cermin merupakan refleksi diri, kalau belum berani melihat refleksi diri sendiri, sampai kapanpun pasti kita tidak bisa menjadi percaya diri. Kalau kamu termasuk orang yang takut untuk melihat cermin, mulai sekarang cobalah untuk memaksakan diri untuk melihat cermin untuk melihat ke dalam diri sendiri.

Sebaliknya, kalau kamu berani melihat cermin, hal tersebut merupakan hal yang bagus karena kamu termasuk orang yang percaya diri dan juga sudah mengenal diri dengan baik.

Apa sih sebenarnya yang ditakutkan ketika melihat cermin? Sederhana, seperti yang banyak ditulis di buku-buku motivasi dan lain-lain, cobalah untuk mengungkapkan atau mengatakan hal-hal positif tentang diri sendiri, dengan kata lain, pujilah diri sendiri. Bukan bermaksud untuk narsis, namun seperti di bukuThe Secret,mengatakan hal positif dan mengakui kemampuan diri sendiri akan menarik energi positif dari alam semesta dan membuatmu menjadi orang yang penuh semangat dan lebih percaya diri.

Praktikan dan paksakan diri untuk bisa

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menjadi percaya diri selain dengan mempraktikan metode yang telah dipelajari. Hanya membaca dan mengumpulkan informasi tidak akan membuat dirimu menjadi percaya diri. Cara terbaik untuk menguji dan melatih rasa percaya diri adalah dengan berbicara dengan orang asing dan berbicara di depan umum. Hal ini bisa dimulai dari banyak berkomunikasi dengan teman sendiri lalu lanjutkan dengan berkomunikasi dengan orang asing atau orang tidak dikenal untuk menguji dan mengetahui seberapanervous-nya dirimu.

Pada dasarnya, banyak orang yang enggan dan akhirnya batal untuk berbicara di depan umum karenanervous. Makanya, hal yang perlu dilakuakn adalah memaksakan diri, segagap dan se-blankapapun pikiran dan dirimu, paksakan untuk terus berbicara.

Sekilas tentangnervous,nervousadalah refleksi dari stres, di mana stres adalah sebuah reaksi di dalam otak apakah harus hadapi atau pergi. Pada kondisi ini, otak memproduksi hormon adrenaline yang membuat jantung berdebar kencang dan lain lain. Reaksi ini pada dasarnya adalah normal dan bagian dari otak primitif manusia dan makhluk hidup lainnya. Namun, pilihan untuk tetap melawan rasanervousatau kabur adalah pilihanmu sendiri.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar