wisata pantai sawangan kebumen
Kamis, 24 Agustus 2017
ok nusantara
Bagikan

wisata pantai sawangan kebumen


Tempat Wisata Pantai Sawangan Puring Kebumen_Pantai Sawangan berada di sebelah selatan Gombong (sekitar 23 KM dari Kota Gombong). Pantai sawangan terletak di daerah perbatasan antara Desa Surorejan dengan Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah.

Pantai Sawangan memang belum sepopuler Pantai Suwuk dan Pantai Bopong, ya maklum karena Pantai Sawangan Puring ini baru disetting menjadi tempat wisata.

Menurut salah satu pemilik warung aneka gorengan dan minuman yang berjualan di Pantai Sawangan, pantai ini sebenarnya sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai tempat refreshing oleh masyarakat lokal Desa Surorejan, Tambakmulyo, dan warga desa lain di Kecamatan Puring. Ketika saya bertanya "sejak kapan Pantai Sawangan mulai banyak dikunjungi oleh selain warga lokal Puring?", "Pantai ini ramai pengunjung sejak diresmikan oleh Pak Camat Puring pada tanggal 6 Mei 2017 " jawab pemilik warung (asli orang Tambakmulyo).

Nah, bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke tempat wisata Pantai Sawangan Puring Kebumen, silakan simak yang di bawah ini.
Pantai Sawangan Puring Kebumen

Alamat Pantai Sawangan

Seperti yang tertulis pada pintu gerbang masuk ke bibir Pantai Sawangan, tertuliskan "Selamat Datang Obyek Wisata Pantai Sawangan Surorejan Puring". Namun ketika Anda browsing di Google, Anda akan menemukan alamat Pantai Sawangan Tambakmulyo Puring Kebumen. Nah di Google Maps, Anda juga akan menemukan beberapa titik lokasi Pantai Sawangan yang berbeda. Namun, hal tersebut wajar karena memang lokasi Pantai Sawangan di daerah batas Desa Surorejan-Tambakmulyo.

Oh ya, sebelum sampai ke pintu gerbang seperti foto di atas, sebelumnya Anda bisa menikmati indahnya pemandangan di jalan menuju Pantai Sawangan.
Selamat Datang Obyek Wisata Pantai Sawangan Surorejan Puring
Selain itu (khususnya bagi Anda yang hobi mancing), sebelum/sesudah bertamsya ke Pantai Sawangan Puring, ada baiknya Anda juga menikmati asyiknya memancing di tempat pemancingan yang lokasinya berada di sebelah kanan jalan menuju pantai yakni di Tambakmulyo. Hmmm pasti Anda akan ketagihan untuk mancing ikan di tempat pemancingan Tambakmulyo Puring. Tapi maaf, saya lupa tidak ambil gambarnya. he he.

Tiket Masuk Obyek Wisata Pantai Sawangan

Berapa harga tiket masuk ke tempat wisata Pantai Sawangan Puring Kebumen?, jawabannya adalah GRATIS GOLETIS. Para pengunjung hanya dikenakkan biaya parkir Rp 2.000; untuk sepeda motor dan Rp 5.000; untuk mobil (ongkos jasa parkir bisa berubah sewaktu-waktu).

Hmm, ya hanya dua ribu rupiah... murah meriah dan masih dikasih bonus senyumannya para jasa tukang parkir yang ramah-ramah, siapa mereka?, mereka adalah para pemuda Karang Taruna desa setempat, karena memang wisata pantai ini dikelola oleh desa.

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Pantai Sawangan
Ok lanjut, setelah Anda mendapatkan pelayanan yang baik dari para pemuda tersebut, Anda bisa langsung menyebrangi Sungai Sawangan (oh sawangan ternyata nama sungai juga, kataku dalam hati) sekalian berenang (karena boleh mandi di sungai tapi dilarang mandi di pantai). Namun, bagi Anda yang ingin langsung menuju pantai, maka santai saja karena Anda bisa lewat jembatan antik yang terbuat dari bambu.
Jembatan Sungai Sawangan
Jembatan bambu yang sarat bernuansa jembatan khas tempo dulu ini namanya Jembatan Selayang Pandang
Jembatan Selayang Pandang Pantai Sawangan
Nah, setelah Anda melewati jembatan selayang pandang, Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Sawangan Puring Kebumen lewat rumah panggung bambu/gazebo/saung.
Gazebo
Selain itu, Anda juga bisa foto selfie di kursi bambu sederhana dengan background alam dan tulisan sawangan. Jika sudah banyak koleksi fotonya, lanjutkanlah dengan jalan-jalan menelusuri bibir pantai
Bibir Pantai Sawangan
Hmmm, terasa sejuk segar dan terasa indah,,bayangkan saja dulu ya???, he he
Keindahan Pantai Sawangan Kebumen
Oh ya, bagi Anda yang sudah capai jalan-jalan, sebaiknya Anda duduk saja di punggung kuda,,,yah sambil istirahat namun tetap bisa lebih menikmati keindahan alam Pantai Sawangan. Anda tinggal pilih mau naik kuda hitam coklat...
Naik Kuda
dan/atau pilih kuda putih yang sudah siap mengantarkan Anda.
Kuda Putih

Selain naik kuda, Anda juga bisa menyaksikan atraksi kuda joget di Pantai Sawangan
Bagaimana menurut Anda???, indah kan???,,,nah bagi Anda yang tertarik denga keindahan Pantai Sawangan Puring Kebumen, silakan segera rekreasi ya???,,,

Adapun rute perjalan menuju ke Pantai Sawangan sebagai berikut:


Dari Pantai Suwuk


Dari manapun Anda datang, tujulah ke Jalan Lintas Selatan, dan setelah Anda sampai SD Negeri 2 Surorejan, maka lokasi Pantai Sawangan tinggal sekitar 700 meter lagi.
jarak-sdn-2-surorejan-ke-pantai-sawangan-puring-sekitar-700-meter.jpg


700-m-ke-pantai-sawangan-kebumen-.jpg

Dari Pantai Bopong


rute-perjalanan-dari-pantai-bopong-ke-pantai-sawangan.jpg
500-meter-ke-arah-pantai-sawangan-puring-kebumen.jpg

Demikian Destinasi Wisata Pantai Sawangan Surorejan Puring Kebumen. Selamat menikmati.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar